Minggu, 21 November 2010

Sisi Positif Dan Negatif Dari Sifat Konsumtif


Sifat manusia cenderung konsumtif, yang berarti bahwa konsumen selalu mengkonsumsi produk atau jasa sepanjang waktu. Perilaku konsumtif ini muncul selain dikarenakan untuk pemenuhan kebutuhan yang sangat beragam, tetapi juga untuk mengikuti trend yang berkembang di pasar.

sisi positif dari sifat konsumtif adalah kita jadi berlomba-lomba mencari tahu tentang trend dan teknologi yang berkembang saat ini. Dari situlah nantinya kita dapat mencari ilmu tentang produk tersebut. Bgaimana cara kerjanya, kecanggihannya, dan lain sebagainya. Sehingga masyarakat nantinya akan berlomba-lomba membuat produk yang sama atau lebih canggih dari produk tersebut. Sehingga akan terjadinya peristiwa dimana ilmu pengetahuan akan semakin berkembang dan alat-alat baru akan bermunculan dan semakin canggih kedepannya

Dampak negative dari sifat konsumtif biasanya dapat dilihat dari segi keuangan. Kita akan menjadi seseorang yang boros dan shopahilic yang selalu berbelanja dimanapun, kapanpun dan tanpa perhitungan apapun. Selain itu sifat konsumtif juga dapat berakibat buruk bagi produsen barang jadi di Indonesia. Karena sebagian besar dari masyarakat konsumtif itu akan melirik barang buatan luar negeri dibandingkan dengan buatan dalam negeri. Itu karena masyarakat konsumtif biasanya membentuk pribadi seseorang menjadi pribadi yang sombong dan ‘gengsi’ terhadap orang lain sehingga lebih tertarik pada barang yang mahal dan buatan luar negeri.

Begitulah kira-kira pandangan saya terhadap sisi positif dan negatif dari sifat konsumtif tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar