Grafik computer adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik dan bahkan struktur abstrak.
Istilah ”Grafik Komputer”ditemukan pada tahun 1960 oleh William Fetter berupa pembentukan disain model cockpit (Boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3 Dimensi
Grafika Komputer bertujuan menghasilkan citra (lebih tepat disebut grafik atau
picture) dengan primitif-primitif geometri seperti garis, lingkaran, dan
sebagainya. Primitif-primitif geometri tersebut memerlukan data deskriptif untuk
melukis elemen-elemen gambar. Contoh data deskriptif adalah koordinat titik,
panjang garis, jari-jari lingkaran, tebal garis, warna, dan sebagainya. Grafika
komputer memainkan peranan penting dalam visualisasi dan virtual reality.
Contoh grafika komputer misalnya menggambar sebuah ‘rumah’ yang dibentuk
oleh garis-garis lurus, dengan data masukan berupa koordinat awal dan koordinat
ujung garis (Gambar 1.1).
Gambar 1.1 (a) Program Grafika Komputer untuk membuat gambar ‘rumah (b)
Pengolahan Citra
Pengolahan Citra / Image Processing adalah proses memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau computer
Pengolahan Citra bertujuan memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi
oleh manusia atau mesin (dalam hal ini komputer). Teknik-teknik pengolahan
citra mentransformasikan citra menjadi citra lain. Jadi, masukannya adalah citra
dan keluarannya juga citra, namun citra keluaran mempunyai kualitas lebih baik
daripada citra masukan. Termasuk ke dalam bidang ini juga adalah pemampatan citra (image compression).
Teknik pengolahan citra dengan mentrasfor-masikan citra menjadi citra lain, contohnya adalah pemampatan citra (image compression). Selain itu pengolahan citra merupakan proses awal (preprocessing) dari komputer visi.
Proses Umum Komputer Visi (Pengolahan Citra dan Pengenalan Pola)
Game technology
Teknologi game adalah perangkat-perangkat yang digunakan dalam pembuatan sebuah game. Teknologi yang digunakan bisa berupa system-sistem yang diguanakan maupun perangkat keras ataupun perangkat lunak yang digunakan untuk menunjang dalam pembuatan game tersebut
Teknologi Yang Digunakan Dalam Proses Pembuatan Game
teknologi yang digunakan dalam pembuatan game bermacam-macam, salah satunya adalah software (perangkat lunak). Biasanya para programmer menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic, C, Java, Delphi, Phyton dan lain sebagainya. Berikut ini adalah salah satu potongan listing pembuatan skill Dual Breath dari Hero Dota “Jakiro (Twin Head Dragon)” menggunakan bahasa C
Selain itu, dapat juga menggunakan game engine “Renpy” yang berbasiskan bahasa Python. Game engine ini mempunyai User Interface yang cukup menarik, sehingga para game maker tidak bosan dengan tampilan yang full koding saja. Pada saat kita menjalankan game yang sudah kita buat, kita juga langsung dapat melihat koding dari tampilan game tersebut, berikut tampilannya:
Keterkaitan dan Implementasi dari grafik komputer & pengolahan Citra dan game technology
Keterkaitan dan Implementasi dari grafik komputer & pengolahan Citra dan game technology sangatlah erat. Karena dalam membuat game kita perlu memperhatikan tentang teknik pencitraan tersebut. Dan pada dasranya game tersebut merupakan suatu aplikasi dalam penggunaan komputer grafis.
Dalam pembuatan game diperlukan seorang Programmer. Pada bagian inilah sang “game maker” akan bekerja secara kompak untuk membuat sebuah game yang diinginkan. Mereka akan bekerja keras untuk mendapatkan game seperti yang diinginkan sebelumnya. Kemudian penerapan grafik dan pencitraan tersebut dapat dilihat dari seorang cinematic. Orang-orang pada bidang tersebut akan membuat game yang dibuat lebih menarik dalam segi alur, tampilan, maupun konsep-konsep lainnya. Karena orang-orang cinematic inilah yang mendesain tampilan pada game tersebut.
Sumber :
– Pendahuluan grafik computer (http://bit.ly/dwhJFJ)
– Konsep dasar pengolahan citra (http://bit.ly/dwhJFJ)
– Game Part II (Game Technology) (http://bit.ly/cJRqz9)
– Pengantar pengolahan citra
(e-book)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar